Mengatasi Jerawat Tumbuh di Punggung

Tumbuhnya jerawat tidak hanya di wajah saja tapi juga timbul di bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada dan lengan bagian atas. Sama seperti jerawat pada wajah, jerawat yang timbul pada punggung dan daerah tubuh lainnya juga menyebabkan rasa gatal dan kurang nyaman.

good_bye_jerawat_di_punggung

Tumbuhnya jerawat di tubuh memang menjadi pengganggu kecil yang dapat merusak penampilan secara keseluruhan. Tentunya, Anda jadi tidak percaya diri saat mengenakan busana yang mengekspos punggung ketika jerawat timbul di daerah tersebut. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu penyebab tumbuhnya jerawat di punggung dan cara mengatasinya.

1. Keringat
Kegiatan Fitnes, senam dan olahraga membuat hormon terpompa sehingga mengeluarkan keringat. Kelebihan keringat itulah yang menyebabkan jerawat. Untuk itu, setelah berolahraga diharuskan untuk segera mandi. Jerawat seringkali mudah muncul pada tubuh yang lembab karena keringat berlebih. Bila tidak bisa segera mandi, sediakan selalu tisue basah. Setidaknya cukup untuk membersihkan bagian tubuh yang rentan berjerawat.

2. Bahan Baju
Bila kita memakai baju yang terlalu ketat dan salah memilih bahan baju seperti lycra dan polyester dapat menyebabkan jerawat. Bahan tersebut tidak menyerap keringat, sehingga dapat menyebabkan bakteri dan timbul jerawat. Bagi Anda yang rentan dengan jerawat punggung, pada siang hari pilihlah pakaian berpotongan longgar dengan bahan yang tidak membuat panas seperti katun dan linen.

3. Pemakaian Kondisioner
Kondisioner baik untuk rambut, tapi tidak bagi tubuh. Kandungan silikon pada kondisioner untuk membuat rambut berkilau dapat berakibat fatal bila terpapar dengan kulit tubuh. Kondisioner yang terpapar kulit tubuh dapat menimbulkan jerawat. Untuk itu, setelah memulaskan kondisioner di seluruh rambut, segera bilas rambut dan tubuh terutama punggung dengan sabun agar sisa-sisa silikon tidak tertinggal pada tubuh.

4. Tas
Tali tas selempang atau tas punggung Anda juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di bagian pundak. Pilih tas selempang yang memiliki tali yang tipis dan jangan membawa beban tas yang terlalu berat agar keringat tidak terjebak pada pundak.

5. Pewangi dan Pelembut Pakaian
Beberapa orang tidak cocok dengan bahan yang terkandung dalam produk pewangi dan pelembut pakaian. Orang-orang berkulit sensitif bisa timbul jerawat saat terpapar dengan baju yang telah dicuci dengan pewangi dan pelembut pakaian. Bila tipikal kulit Anda sensitif dan berjerawat, sebaiknya jangan mencuci baju dengan pewangi dan pelembut pakaian, cukup dengan deterjen saja.

728x90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: