KOSMETIK PENYEBAB JERAWAT

Jerawat merupakan musuh bersama bagi dunia kecantikan, Jerawat umumya di akibatkan oleh perubahan hormon dan produksi minyak yang berlebih, dan tidak pernah di akibatkan oleh kosmetik. Akan tetapi, beberapa jenis kosmetik bisa menyebabkan jerawat menjadi bertambah parah, bahkan menampakkan yang disebut dengan jerawat kosmetik atau acne cosmetica.

Jerawat yang disebabkan kosmetik atau Acne cosmetica adalah nama untuk sejenis kondisi medis umum dari kulit yang berjerawat yang di picu oleh penggunaan kosmetik tertentu. Jerawat jenis ini bisa kenali dari timbulnya bisul kecil berwarna pink yang menyebar keseluruh bagian pipi, dahi, dan dagu.
Karena kondisi ini di akibatkan secara langsung oleh penggunaan makeup tertentu, maka perawatannya pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan efektif. Tapi sebelum itu, kamu perlu tahu betul kosmetik mana yang menjadi penyebabnya. Meski banyak jenis kosmetik yang sering di salahkan sebagai penyebab timbulnya jerawat, misalnya foundation, moisturizer, blushes, dan powder.

Tapi sebenarnya, yang jadi penyebabnya bukanlah kosmetik tersebut, malainkan zat yang terkandung di dalamnya. Penyebab utamanya adalah unsur minyak yang terlalu berlebih yang sering di tambahkan pada kosmetik untuk memberikan hasil yang lebih halus. Minyak ini akan bertindak seperti minyak alami dan bisa menyumbat pori-pori. Dan berakibat timbulnya jerawat.
Penyebab lainnya adalah zat pewarna yang banyak di temukan pada kosmetik. Zat ini cenderung untuk menutup pori dan mengakibatkan jerawat. Zat pewarna ini umumnya juga memperparah jerawat. Unsur terakhir yang juga harus di perhatikan adaalah adanya unsur pengharum.

Meski unsur ini sebenarnya seringkali tidak diperlukan, tapi masih banyak juga perusahaan kosmetik yang menambahkannya, dengan tujuan untuk memberikan kesan yang lebih menyenangkan pada saat penggunaan kosmetik tersebut. Bahan-bahan seperti ini akan mengakibatkan reaksi allergi, iritasi, dan meningkatkan resiko untuk terkena jerawat kosmetik atau acne cosmetica.
Cara yang paling umum untuk mengobati dan mencegah adalah dengan menghindari produk-produk yang bisa memicu jerawat.

Akan tetapi, karena karena produk-produk ini umumnya lebih murah, dan karena begitu banyak wanita yang menikmati unsur yang merusak tersebut, cara ini sepertinya sulit untuk di terima. Lalu, jika cara tersebut memang bukanlah yang menjadi kuncinya, lalu cara apa lagi yang bisa di gunakan?

Saat akan membeli kosmetik, bacalah terlebih dulu labelnya, dan cermati semua bahan yang terkandung di dalamnya. Belilah hanya produk-produk yang tidak mengandung bahan berbahaya. Hindari produk-produk yang mengandung pewarna dan pewangi, serta yang mengandung minyak.
Langkah berikutnya adalah memastikan untuk terus menjaga agar makeup dan wajah selalu bersih. Jangan pernah menggunakan busa atau kuas yang berminyak, selalu bersihkan wajah sebelum menggunakan makeup. Dan jangan pernah menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa.

Jika kamu perlu menggunakan makeup dari pagi hingga malam, cobalah untuk membersihkan wajah terlebih dulu, menghapus makeup yang lama, dan mengaplikasikan makeup yang baru, sebelum keluar malam. Cara ini akan menyubat pori untuk waktu yang lebih lama, dan agar minyak yang di produksi oleh kulit sepanjang malam bisa bercampur dengan makeup.

Dan akhirnya, jika saat ini kamu sudah terlanjur menderita gangguan tersebut, rawatlah kulit mu dengan obat-obatan yang khusus untuk menyembuhkan jerawat. Carilah dan gunakan obat yang mengandung benzoyl peroxide, setelah membersihkan wajah, dan sebelum menggunakan makeup. Jika memungkinkan, hindari penggunaan kosmetik sampai kondisi mu pulih. Jika tidak memungkinkan, berarti kamu harus lebih berhati-hati saat akan memilih kosmetik.

Saat memilih kosmetik, selalu pilihlah kosmetik yang mengklaim bebas minyak. Akan tetapi ingat, makeup yang bebas minyak umumnya mengandung beberapa jenis minyak sintetik yang digunakan untuk menjaga agar makeup selalu kelihat halus. Periksa lagi setiap bahan yang terkandung dalam setiap produk yang mengandung mineral oil, sunflower oil, atau yang non oil.

Yang kedua, pilihlah kosmetik yang berlabel non-comedogenic.

Label ini berarti bahwa kosmetik tersebut telah teruji dan terbukti tidak menyumbat pori dan lebih aman untuk digunakan di banding makeup jenis lain. Dan yang terakhir, pilihlah make yang khusus di buat khusus untuk membantu membersihkan jerawat dan umumnya lebih aman untuk kulit.
Dengan membaca label dan lebih berhati-hati, kamu bisa menghindarkan efek yang negatif dari kosmetik dan tetap bisa meningkatkan kecantikan alami yang telah kamu miliki.

728x90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: