SHAMPO UNTUK KECANTIKAN RAMBUT

Rambut lebat dan cerah merupakan dambaan semua orang, tak terkecuali tua, muda, pria atau wanita. akan tetapi bagaimana agar kita bisa mendapatkannya, itulah yang banyak dijadikan penelitian ahli kecantikan.

Salah satu faktor kecantikan rambut adalah kondisi minyak, kandungan minyak yang cukup di bagian kulit kepala adalah hal yang vital bagi penampilan rambut secara keseluruhan. Jika kulit kepala tidak mendapatkan minyak natural yang cukup, rambut akan menjadi kering dan kusam. Tapi jika terlalu banyak minyak, rambut malah akan menjadi kotor dan lengket. Karena itu, berhati-hatilah saat akan memilih dan menggunakan shampo. Sebab, shampo ada banyak jenis dan kegunaannya. Misalnya shampo buatan rumah, shampo organik, shampo untuk mencegah rambut rontok, shampo kering, dan lain-lain. Masing-masing jenis punya fungsi dan bahan yang bervariasi.

Tapi, apapun jenis dan bahan yang di gunakannya, pada dasarnya setiap shampo punya satu tugas yang sama, yaitu membersihkan minyak berlebih, debu dan kotoran, serta sisa-sisa produk perawatan rambut. Rambut di bagian akar adalah yang paling banyak mengandung minyak, jadi gunakan shampo lebih banyak di bagian tersebut. Dan berikan sedikit shampo untuk bagian rambut yang lainnya. Penggunaan conditioner sangat di anjurkan, karena conditioner berfungsi untuk mengganti minyak yang hilang saat menggunakan shampo. Serta melindungi rambut dari panas atau berbagai penyebab kerusakan rambut. Untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan indah, langkah pertama adalah mencari tahu jenis rambut. Setelah itu, carilah jenis shampo dan conditioner yang paling sesuai untuk jenis rambut tersebut. Sebagai contoh, jika rambut mu termasuk jenis rambut yang kering, maka carilah shampo yang di formulasikan untuk jenis rambut kering. Shampo untuk jenis rambut kering umumnya mengandung lebih banyak essential fatty acids. Itu untuk menjaga agar rambut tetap lembab. Kadar asam (acidity) juga sangat penting diperhatikan. Jadi, pililhlah shampo yang memilki pH rendah. Sebab, shampo yang memiliki pH tinggi akan menyebabkan kulit rambut menjadi terbuka, sehingga lebih mudah untuk kehilangan kelembaban alami nya. Agar tetap cantik dan sehat, rambut yang kering membutuhkan conditioner yang tepat. Jadi, carilah conditioner yang mengandung moisturiser, dan gunakan setiap kali rambut di shampo.

Jika rambut mu kering, gunakan pilihan “cool” saat menggunakan blow dryer. Sedangkan untuk rambut yang berminyak, shampo yang tepat adalah jenis shampo yang berfungsi untuk membersihkan minyak berlebih di bagian kulit kepala. Sebab, minyak berlebih inilah yang menyebabkan rambut menjadi lepek dan kusam. Pastikan juga bahwa shampo tersebut tidak terlalu kasar, karena akan menyebabkan kulit kepala menjadi terkelupas, dan merangsang kelenjar untuk memproduksi minyak lebih banyak. Pilihlah condtioner yang di rancang untuk mengendalikan minyak, dan gunakan setiap kali di butuhkan. Misalnya saat rambut terlihat kering, atau saat bagian ujung rambut menjadi kering. Ok, itu untuk rambut kering dan berminyak. Tapi bagaimana dengan rambut yang di warnai, sangat keriting, atau mudah kusut? Shampo dan conditioner yang di buat untuk mereka yang berambut kering juga sangat cocok jika di gunakan oleh mereka yang berambut keriting. Karena, pada dasarnya kedua jenis rambut tersebut sama, sama-sama membutuhkan conditioner. Sedangkan untuk jenis rambut yang mudah kusut, gunakan shampo yang banyak mengandung protein.

Tapi, bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa shampo tersebut banyak mengandung protein? Lihat dan bacalah bahan-bahan yang tertera pada labelnya. Dan lihat, adakah tulisan “protein” pada bagian awal dari daftar bahan-bahan yang di gunakan oleh shampo tersebut. Agar warnanya tidak pudar, rambut yang di warnai membutuhkan perlindungan dari panas dan sinar matahari. Jadi, pilihlah jenis shampo dan conditioner yang bisa melindungi rambut dan masalah tersebut.

728x90

Sedangkan untuk membersihkan sisa-sisa bahan dari produk perawatan rambut, gunakan shampo pembersih atau clarifying shampoo. Shampo jenis ini berfungsi menghilangkan sisa-sisa bahan dari produk perawatan rambut yang menempel dan menumpuk, hingga menyebabkan rambut menjadi tebal, kotor dan kusam. Untuk mengembalikan kilauan rambut, gunakan shampo jenis ini setiap 10 hari sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: