KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN SILIKON

Sudah diketahui oleh kita bahwa di dunia kesehatan dan kecantikan kata silikon tidaklah terdengar asing. Banyak korban yang jatuh akibat penggunaan silikon yang tidak sesuai aturan tetapi banyak juga yang belum jera menggunakan jasa silikon ini. Arti dari silikon yang sebenarnya adalah polimer non organik yang bervariasi, dari cairan, gel, karet, hingga sejenis plastik keras. Mungkin anda ingin terlihat cantik tetapi ternyata malah menjadi hancur karena harus menahan rasa sakit yang luar biasa pada daerah yang ingin anda ubah.

Sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi bila ingin terlihat cantik dengan mengubah bentuk tubuh seperti memancungkan hidung, mengisi dagu atau menghilangkan kerutan. Jika anda ingin melakukan hal tersebut, sebaiknya anda lakukan di dokter spesialis bedah plastic, jangan ke salon kecantikan atau tempat praktek ilegal. Karena apapun yang disuntikkan ke dalam tubuh akan memiliki dampak negative atau positif.

Tiga macam penggunaan silikon kolagen :

1. Diminum

2. Dioles

3. Disuntikkan

Kebanyakkan orang lebih memilih disuntikkan meskipun tidak bersifat permanen. Ada tiga jenis silikon yang sering digunakan.

Jenis-jenis silikon :

1. Silikon menggunakan kolagen

2. Silikon menggunakan jelly

3. Silikon menggunakan cairan

Kolagen
Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organic pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat). Kolagen lebih cocok untuk jaringan kulit, bukan pada jaringan lemak. Sedangkan payudara itu sendiri terdiri dari jaringan lemak.

Jelly
Jelly adalah cairan bersifat kenyal yang akan disuntikkan ke tubuh manusia. Biasanya silikon menggunakan jelly lebih dikonsentrasikan pada payudara wanita.

Cairan
Silikon cair yang umumnya silikon industri, biasa digunakan untuk pelapis mesin, pelumas mesin, peralatan rumah tangga, dot bayi serta penambal akuarium. Jadi penggunaan silikon cair banyak memiliki dampak negatif dan tdak ada dampak positifnya.

Karakteristik silikon :

– Tak berbau

– Tak berwarna

– Kedap air

– Tidak rusak oleh bahan kimia dan proses oksidasi

– Tahan terhadap suhu

– Tidak dapat menghantarkan listrik.
Dampak Silikon Bagi Kesehatan

Silikon memiliki dampak, baik positif maupun negatif. Namun, seringkali dampak negative yang dirasakan oleh para wanita yang bagian tubuhnya disilikon.
Dampak positif

–  Wanita yang hidungnya disilikon akan lebih terlihat mancung

– Wanita yang payudaranya disilikon akan lebih besar dan montok

– Mengencangkan kulit agar tidak keriput
– Mempermulus kulit
– Membuat kulit agar bercahaya

Dampak negatif

– Reaksi yang timbul dapat berupa alergi
– Menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah
– Menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan – Kulit memerah
– Meradang
– Kanker
– Beresiko pada ginjal
– Dapat menyebabkan kematian

Cara menanggulangi silikon cair

Silikon cair berbahaya dan sudah dilarang oleh pemerintah memang benar. Penggunaannya adalah akibat kian majunya teknologi kedokteran. Meski berbahaya dan bisa merenggut nyawa, bukan berarti tak ada jalan keluarnya.
Ini pula yang ditemukan oleh tim dokter dari RS Saiful Anwar (RSAA), Malang. Tim dokter dari kota tersebut menemukan cara baru untuk menanggulangi infeksi akibat suntikan silikon cair.

Dokter ahli bedah plastik di RS tersebut menggunakan obat phytofarmaka, berupa ekstrak tumbuhan dari China. Juga digunakan kapsul Biologic Response Modifier (BRM) yang fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Nah, masih ada lagi, dokter di sana menggunakan peeling, sejenis obat kanker yang dapat menghaluskan kulit.

Comments
One Response to “KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN SILIKON”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Posted by kosmetikindonesia on Januari 25, 2012 · Tinggalkan Sebuah Komentar  […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: