Perbedaan Krim siang dan Krim Malam

Apa bedanya krim siang dan malam? Keduanya jelas dibutuhkan, terutama untuk kulit yang senantiasa dijaga tetap cantik dan awet muda.

Istilah krim siang dan malam tampaknya tak asing di telinga. Apa sih perbedaan dan manfaat kedua krim itu? Bukankah sama saja?

Ternyata ada perbedaan yang cukup mendasar untuk dua jenis krim itu. “Krim siang dirancang untuk lebih melembabkan dan melindungi kulit dari faktor lingkungan yang merusak kulit seperti sinar ultraviolet dan polusi,” kata Dr Howard Murad, dermatologis terkenal dari UCLA, Amerika Serikat.

Sebaliknya, krim malam ”bekerja keras” memperbaiki kulit di malam hari. “Krim malam mengandung antioksidan lebih tinggi dan zat-zat gizi lain yang baik untuk kulit. Kenapa diaplikasikan di malam hari? Sebab kulit lebih siap mengabsorpsi antioksidan dan gizi-gizi lain di malam hari,” paparnya.

Krim malam lebih baik diserap kulit terutama saat kita tidur. Saat tidur, kulit menggunakan proses alami untuk memperbaiki diri sendiri. “Kulit memperbaiki diri saat kita slow wave atau tidur sangat nyenyak,” kata Delwyn Bartlett, psikolog peneliti pada Sleep Research Group Woolcock Institute of Medical Research di University of Sydney. “Ketika berada dalam keadaan tidur slow wave, kita mengeluarkan hormon pertumbuhan yang memperbaiki sel-sel rusak.”

Jadi waktu terbaik bagi kulit untuk menerima formula yang memperbaiki kulit adalah di malam hari. Di malam hari pula proses pengelupasan kulit menjadi sangat aktif, pembaruan dua kali lebih aktif, dan aliran darah yang mengalir ke kulit meningkat. Proses itu khususnya terjadi antara pukul 23.00 hingga 04.00.

Tidak Selalu Mahal
Supaya bisa bekerja dengan baik, krim tersebut harus benar-benar berisi kandungan aktif dalam konsentrasi cukup. Kandungan tersebut juga harus bisa melakukan penetrasi ke dalam kulit dan berada cukup lama di kulit untuk memberi efek bagi kulit. “Dalam kasus transfusi darah, darah harus benar-benar masuk ke pembuluh darah. Bukan sekadar mengoleskannya ke kulit dan berharap darah akan masuk sendiri ke dalam pembuluh. Demikian juga dengan krim malam, Supaya ada hasilnya, krim harus masuk ke dalam kulit,” kata Dr Sandra Read, seorang dokter kulit dari Washington.

Krim malam yang bagus tak berarti selalu harus mahal. Merek-merek yang harganya masih bisa dijangkau kantong kita, seringkali justru memiliki dasar riset untuk identifikasi formula aktif dan efektivitasnya. “Produk krim yang murah itu kadang justru lebih bagus dari yang mahal,” ujar Dr Leslie Baumann, profesor ahli kulit dari University of Miami dan penulis buku The Skin Type Solution, sebagaimana dikutip harian The New York Times.

Hasil kerja keras kulit dan krim malam memang membutuhkan waktu dan kesabaran. “Delapan pekan adalah waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh kulit yang lebih cantik. Sayangnya, kebanyakan dari kita tak sabar dan berhenti sebelum memperoleh manfaatnya,” kata Dr Read.

Sebelum Memakai Krim Malam
Ketahui hal-hal berikut ini sebelum membeli krim malam:
– Krim malam yang baik mengandung humectant seperti sodium PCA dan hyaluronic acid, ceramide atau lemak yang diturunkan dari tanaman seperti minyak zaitun, alpukat, atau evening primrose.
– Mengandung antioksidan seperti vitamin C, E, teh hijau, atau ekstrak grapeseed. 
– Untuk mempercepat pergantian sel, krim malam sebaiknya juga mengandung turunan vitamin A seperti retinol atau retinyl palmitate, asam hidroksi alfa atau beta, laktik atau asam salisilat.
– Bahan-bahan yang sifat menenangkan seperti panthenol, alantoin, dan lavender juga baik ditambahkan ke dalam krim malam. Bahan-bahan ini baik membantu mengatasi iritasi dan menjaga kulit sebagai sarana pertahanan kulit.

Ritual Cantik Sebelum Tidur
Agar manfaat krim malam itu maksimal dalam mencapai kulit awet muda dan cantik, lakukan langkah-langkah berikut ini sebelum pergi tidur.
– Bersihkan kulit
Bersihkan kulit dengan susu pembersih. Oleskan rata ke seluruh kulit muka dan seka dengan waslap basah. Setelah itu oleskan toner.
– Oleskan krim malam
Ambil sedikit krim malam. Oleskan sedikit di dahi, hidung, kedua pipi, dan dagu. Oleskan merata ke seluruh kulit dengan gerakan ke atas untuk menstimulasi peredaran darah dan pembersihan limfatik.
– Cegah mata bengkak
Untuk mengurangi mata bengkak, gunakan ujung jari menyentuh ujung mata di dekat hidung dengan lembut. Lalu, gerakkan ujung jari itu menuju ke telinga.
– Sentuh kelopak mata
Sentuh kulit di bawah alis mata dengan ujung jari. Pijat ringan dari kulit di bawah alis di dekat hidung menuju ke arah telinga.
– Rileks
Berbaringlah di tempat tidur dan bernapas dalam sebagai persiapan menuju tidur yang sangat nyenyak. Biarkan kulit bekerja keras memperbaiki diri saat tidur nyenyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: