RESIKO BEDAH MEDIS

Kebanyakan wanita merasa kurang percaya diri dengan kondisi fisiknya, wanita banyak yang melakukan tindakan estetik yang biayanya relatif tidak murah dibandingkan terapi medis lainnya. Selain itu, harga yang mesti dibayarkan bukan hanya sekedar jumlah nominal uang, namun yang lebih penting daripada itu adalah risiko-risiko yang terkait daripada prosedur-prosedur estetik bila tidak dilakukan secara benar.

Para wanita harus bijaksana dalam mengambil keputusan. Anda hendaknya waspada atas kerancuan informasi yang ada di masyarakat karena saat ini sedemikian marak klinik-klinik dan tempat-tempat praktik bersama dokter-dokter dengan tajuk dokter ahli kecantikan, Dokter Kulit atau dokter ahli bedah kosmetik. Perlu diketahui bahwa di dalam tatanan tertulis yang resmi di Kementrian Kesehatan maupun di Ikatan Dokter Indonesia, TIDAK ADA yang namanya dokter ahli kecantikan maupun dokter ahli bedah kecantikan.

Bilamana ada dokter yang mempromosikan namanya dengan titel seperti yang disebutkan di atas untuk kepentingan komersial, hal itu hanya pembodohan masyarakat. Seringkali dokter tersebut sebenarnya hanya dokter tanpa pendidikan spesialisasi resmi kecuali kursus-kursus informal atau pelatihan ilmu kecantikan, namun merasa berhak melakukan prosedur estetik. Anda dan juga masyarakat secara umum harus mengerti bahwa yang legal dan resmi diakui oleh Kementrian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia untuk berpraktik di bidang medis estetik hanyalah dokter spesialis kulit dan kelamin (ada akhiran titel SpKK di belakang nama dokter) dan yang diakui untuk berpraktik di bidang bedah estetik adalah dokter spesialis bedah plastik (akhiran titel SpBP).

Kita jangan merasa sungkan atau malu bertanya kepada Dokter Kulit Anda apakah dokter ybs merupakan lulusan spesialis kulit atau lulusan spesialis bedah plastik, serta asal lulusan spesialis dari institusi universitas negeri mana. Bahkan bolah saja meminta dokter Anda untuk memperlihatkan sertifikat lulus pendidikan spesialisasinya. Tidak harus merasa tidak enak, karena bila dokter tersebut benar maka dia tidak akan merasa tersinggung. Apalagi dalam hubungan dokter-klien, yang secara hukum diterangkan sebagai transaksi medis, Anda sebagai calon klien dibenarkan untuk mengetahui secara rinci siapa mitra transaksi yang akan Anda bayarkan nominal jasa medis (yang relatif tidak murah).

Tentunya Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk hasil akhir yang tidak sesuai harapan ‘bukan? Dan tentunya Anda setuju bahwa kecantikan adalah sesuatu yang berharga, seperti juga kesehatan kita.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: